Dokumenter Film - Lingkungan Kumuh

TUGAS ISD















TEMA       : PERMASALAHAN SOSIAL
JUDUL     : LINGKUNGAN KUMUH




DI SUSUN OLEH : ANGGOTA KELOMPOK 4

-  REZKY AUDIANSYAH PUTRA (18116161)   *SEBAGAI EDITOR VIDEO & PENGISI SUARA NARATOR*
-  PUTRI AWALIA (15116839)   *SEBAGAI PENGARANG NARASI*
-  ILHAM PRATAMA (13116435)   *SEBAGAI PENGARANG NARASI* 
-  MUHAMMAD HADI SAPUTRA (14116881)   *SEBAGAI PENGARANG KONSEP FILM*

















LINGKUNGAN KUMUH





            Lingkungan kumuh adalah lingkungan yang tidak teratur serta menimbulkan kesan kotor & jorok. Rumah-rumah yang letaknya tidak teratur, antara rumah yang satu dengan rumah yang lain hanya dibatasi oleh gang-gang yang sempit. Apabila hujan sedang turun maka gang-gang tersebut akan tergenang sehingga gang tersebut menjadi becek. Dimana-mana hanya terlihat tumpukan sampah yang dikelilingi oleh lalat dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Kamar mandi dan tempat cuci terlihat sederhana dan seadanya sehingga menimbulkan kesan kumuh. Belum lagi penghuninya yang terkadang suka membuang sampah sembarangan. Juga air bekas mandi dan cuci yang dialirkan di sembarang tempat.



             Daerah atau tempat tinggal yang kumuh seperti ini, penghuni nya dapat sangat mudah dijangkiti oleh bermacam macam penyakit. Seperti penyakit kulit, penyakit malaria, dan penyakit disentri. 



             Coba kamu perhatikan perumahan di sepanjang rel kereta api ini. Tempat ini adalah salah satu daerah kumuh di daerah perkotaan. Misalnya seperti lingkungan kumuh di daerah aliran sungai, di belakang pasar atau dibelakang pusat pertokoan, di daerah pembuang sampah, di perkampungan nelayan, atau perkampungan kumuh di daerah tandus. 




             Bagi kota-kota besar di Indonesia, persoalan lingkungan kumuh merupakan masalah yang serius karena dikhawatirkan akan menyebabkan terjadinya kantong-kantong kemiskinan yang kronis dan kemudian menyebabkan lahirnya berbagai permasalahan sosial di luar kontrol atau kemampuan pemerintah kota untuk menangani dan mengawasinya.  



             Beragam upaya dan program dilakukan untuk mengatasinya, namun masih saja banyak kita jumpai permukiman masyarakat miskin di hampir setiap sudut kota yang disertai dengan ketidaktertiban dalam hidup bermasyarakat di perkotaan.


             Berbica tentang waktu yang tepat dalam membenahi pemukiman kumuh,waktu yang tepat adalah dimana pihak pemerintah sudah siap terhadap pemindah lokasian pemukiman tersebut ketempat yang layak huni seperti rumah susun, dan lainya. Serta terjalin komunikasi yang baik dan sepaham dari pemerintah terhadap masyarakat pemukiman penduduk yang akan di pindah lokasikan ke tempat yang lebih layak.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Ilmu Budaya Dasar (Sumatera Barat)

MAKALAH PELAPISAN SOSIAL & KESAMAAN DERAJAT

ETNOSENTRISME (MASALAH BUDAYA)